Galeri

Perhitungan Waktu Ibadah

Bismillah..

waktuSahahabatku sekalian, sadarkah apa sebenarnya tujuan manusia hidup didunia ini? Allah menciptakan makhluk-makhluk tentunya tak lain tentu mempunyai tujuan tersendiri. Sahabatku masih ingatkah QS. Ad Dzariyyat: 56

وَمَا خَلَقْتُ ٱلْجِنَّ وَٱلْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Dan tidaklah Kuciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk beribadah kepada-Ku.” (QS. Ad Dzariyyat: 56)

Kawanku kali ini admin mau share tentang pentingnya ibadah bagi kita, Allah tak pernah butuh ibadah, tapi kitalah yang membutuhkan ibadah itu. Sahabat, kita shalat wajib sehari berapakali yaaa? 5 kali tentu jawabanya, tapi pernahkan kita menghitung berapa waktu yang kita perlukan untuk melakukan ibadah? Baik mari kita hitung sama-sama bila kita meninjau shalat sebagai ibadah keseharian kita:

Sehari kita shalat 5 kali, kira-kira kita ambil saja 10 menit kita melakukan pershalat berarti ada 50 menit sehari melakukan shalat, yaaa anggap saja satu jam. Coba kita bandingkan berapa waktu yang kita sisakan selain melakukan shalat?? Ada 23 jam waktu selain shalat, kita gunakan untuk apakah waktu itu?? Bermanfaatkah?

Baik coba bandingkan kembali kita tidur sehari berapa jam yang kitap perlukan? Ambil saja rata-rata orang melakukan tidur perhari ada 8 jam, jadi 24 jamnya hari kita menggunakan 8 jam untuk tidur atau 8/24 atau 1/3 hari waktu kita gunakan untuk tidur, bandingankan dengan waktu kita melakukan ibadah shalat yang hanya menggunakan 1/24 waktu perhari.

Kita hitung-hitung kembali bila kita mempunyai umur aggap saja sampai 60 tahun manusia rata-rata hidup, bila waktu yang kita gunakan untuk shalat adalah 1/24 perhari, berarati 1/24 dikalaikan 60 jadi 2,5 tahun waktu yang kita gunakan untuk ibadah shalat kepada Allah, dan itupun sebagai catatan bila ibadah kita diterima Allah semua. Lalu mari kita hitung perbandingan kita tidur selama 60 tahun kira-kira berapa tahun kita gunakan untuk tidur? Bila selama 60 tahun kita menggunakan waktu tidur selama 1/3 nya berarti 60 dikalikan dengan 1/3 akan mendapatkan 20 tahun utuk tidur. 20 tahuun!!! 20 tahun tidur yang digunakan bila umurnya 60 tahun. Begitu jauh sekali selisih antara yang kita gunakan untuk ibadah wajib kita dengan waktu yang digunakan untuk tidur.

Merugi bukan hidup ini??

Sahabat, itulah sebabnya Allah swt. menurunkan ayat Al-Ashr yang artinya: “Demi waktu, sesungguhnya manusia ada dalam kerugian” dan Allah memberikan petunjuk bagi manusia agar tak merugi yaitu ada dalam ayat selanjutnya yang artinya: “Kecuali orang-orang yang beriman dan berbuat kebaikan, dan saling menasihati untuk kebenaran, dan saling menasihati untuk kesabaran.”

Jadi dapat disimpulakan bahwa, untuk menanggulagi ini manusia di anjurkan untuk berbuat baik dan selalu dilandasi semua kegiatan degan menyertakan Allah, itulah karenanya ada doa-doa yang disunahkan untuk dibaca dalam setiap kegiatan. Itu agar yang digunakan manusia menjadi lebih bermanfaat. Saat kerja, saat tidur, saat berpergian dan semua kegiatan yang dilakukan atas dasar niat karna Allah maka akan menjadi amalan ibadah yang tak merugi, sesuai dengan hadits Rasulullah yang artinya “Sesungguhnya segala amal perbuatan itu tergantung dengan niatnya..” (HR. Bukhari).

Semoga bermanfaat, dan tetap diniatkan semua karna Allah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s