Galeri

Cara Membuat Tombol Macro Print pada Excel

Oke sobat setelah sebelumnya saya posting Kode Macros untuk Menjalankan Simulasi Gelombang pada Excel, kali ini saya mau posting lagi yang gak jauh-jauh beda dengan postingan sebelumnya, yaitu Cara Membuat Tombol Otomatis Print pada Excel. Hanya saja perbedaanya ada pada bentuk kode macros dan langkah-langkahnya.

Latar belakang saya membuat postingan ini tentunya untuk mempermudah teman-teman yang biasa aktif bekerja menggunakan excel supaya membuat ringan kerja, karna memakan waktu apabila mesti muter-muter jika harus print data secara manual. Oke sobat langsung saja mari ikuti langkah-langkah dibawah ini:

Dimisalkan kita mempunyai data sebagai berikut:

Untitled

Sebelum kitalangsung masuk ke macros ada baiknya kita atur terlebih dahulu bagian area mana yang akan di print, caranya dengan:

Blog dulu area yang akan diprint, lalu masuk di menu “Page Layout” => lalu klik “Print Area” dan pilih “Set Print Area”, apabila sudah ada tanda garis putus-putus berarti itu sudah menjadi tanda batas print.

Setelah itu masuk di menu “Developer”, apabila belum muncul makan aktifkan terlebih dahulu menunya yang sudah saya jelaskan pada postingan sebelumnya yaitu Kode Macros untuk Menjalankan Simulasi Gelombang pada Excel. Kemudin pilih klik “Insert” dan pilih “Toogle Button” seperti gambar di bawah ini:

2

Kemudian klik di layar sheet dan drag kursor sesuai ukuran yang di kehendaki, untuk mengubah nama tinggal klik kanan pada layar dan pilih “Toogle Button Object dan pilih “edit”.

Nah selanjutnya adalah memasukkan kode macrosnya, klik duble pada iconnya dan ganti code macrosnya dengan ini:

Private Sub CommandButton1_Click()

End Sub

Private Sub ToggleButton1_Click()

Worksheets(“Sheet1“).PrintOut From:=1, To:=1, copies:=1

End Sub

Private Sub Worksheet_SelectionChange(ByVal Target As Range)

End Sub

Untuk code diatas yang berwarna merah disesuaikan dengan Sheet yang ingin di print. Code macros ini dapat pula di download di file bawah ini:

Code Macro Print Excel

Setelah selesai kembalikan lagi ke tampilan Excel sebelumnya dengan menekan icon excel di pojok kiri. Kemudian untuk menghidupkan tombol klik “Design Mode” yang ada di menu “Developer”.

4

Penghidupan tombol ini dilakukan hanya satu kali karna pada saat akan membuka file ini kembali otomatis tombol sudah hidup.

Berikut kami juga buatkan panduanya dalam bentuk video. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Bagi para pengunjung sangu ilmu, untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru lainya silahkan kunjungi di rumah barunya kami di http://sanguilmu.com/. Terimakasih..

9 responses to “Cara Membuat Tombol Macro Print pada Excel

  1. blog yang bagus banget….

  2. Terimaksih Ilmunya……..

  3. matur suwun aku bisa tambah ilmu

  4. teguh kurniawan

    terimakasih bro bantuannya. saya tunggu info barunya.

  5. percobaannya berhasil. Terima Kasih atas ilmunya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s